Diskominfo Targetkan Pengintegrasian Data Seluruh OPD Terealisasi Tahun 2020

Jakarta, Detif.com – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, akan membuat terobosan baru yakni, mengintegrasikan data semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Depok. Langkah tersebut, merupakan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam mendorong terwujudnya program Depok Smart City.

Kadiskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono menegaskan, langkah pengintegrasian tersebut merupakan bentuk peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Bila masyarakat ingin mengurus berbagai perijinan, mereka tidak perlu lagi melakukan penginputan data. Karena semua data sifatnya sudah terpadu di dalam sebuah database.

Apabila terdapat warga yang sakit dan datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), terangnya, mereka tidak perlu melakukan pendaftaran lagi. Sebab, data pasien sudah terpadu di dalam sebuah database.

“Begitu mereka datang, tidak perlu mengisi lembar identitas lagi, cukup memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) mereka saja, maka semua data akan langsung muncul dan dapat tertangani,”  tukas Sidik, usai menjadi narasumber dalam panel diskusi Asia IoT Business Platform di JW Marriott, Selasa (08/08/2017). .

Saat ini pengintegrasian data tersebut, telah dilaksanakan di tiga OPD, yaitu pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Kesehatan (Dinkes), serta Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok. Diharapkan, pada tahun 2020 pengintegrasian data di seluruh OPD sudah dapat terealisasi. (kmf)

Komentar

Share This Post