Didemo Warga, SSA Terus Berlanjut

Margonda, Detif.com – Kendati mendapat penolakan dari sejumlah warga setempat yang terkena dampak, Penerapan uji coba Sistim Satu Arah (SSA) dinilai efektif dan akan terus berlanjut hingga batas waktu yang belum di tentukan.

Penolakan sistem tersebut di lakukan warga dengan menggelar aksi Unjuk Rasa (Unras) menolak SSA. Mereka mendatangi kantor Wali Kota Depok, Kamis (7/9), dengan membawa tuntutan bertemu dan mendesak Walikota menghentikan uji coba tersebut, lantaran dirasakan merugikan pendapatan para pedagang dan mengusik kenyamanan warga Perumnas Depok Jaya.

“Kami jelas menolak dan minta kegiatan SSA hendaknya dibatalkan saja. Jalur dikembalikan seperti semula, karena tidak jelas, hanya memindahkan kemacetan dan menganggu aktivitas warga,” teriak Sigit Wahyudi, perwakilan warga dari Forum RW Depok Jaya saat berorasi di depan pintu gerbang kantor Wali Kota Depok.

Perwakilan aksi demo warga terkait penolakan jalur SSA tersebut, diterima Kasatpol PP Depok, Dudi Miraz didampingi Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Depok, Gandara Budiana, beserta aparat kepolisian dan TNI.

Namun pertemuan itu tidak berjalan mulus, warga memilih Walkout dari ruang pertemuan lantaran tidak ada Walikota, pasalnya hanya Walikota yang bisa memberikan keputusan tentang tuntutan mereka.

“Kami kecewa, tuntutan kami ingin mendesak Wali Kota Depok untuk membatalkan penerapan SSA. Tapi tidak ditemui wali kota Depok, jadi kami keluar ruangan,” kata Sigit yang juga Ketua RW 04, Depok Jaya.

Kasat Pol PP, Dudi Miraz sempat mengatakan Walikota dan Wakil Walikota tengah tugas di luar, sehingga tidak dapat menerima langsung perwakilan pendemo. Tapi tidak menyurutkan niat warga meninggalkan ruangan, bahkan warga acuhkan saat Kadishub ingin memberi penjelasan.

“Hasil evakuasi, SSA efektif mampu mengurai kemacetan. Kami tetap terapkan ujicoba SSA. Keputusan ada ditangan Walikota Depok,” terang Kadishub Gandara Budiana, Kamis (7/9/2017). Usai bertemu perwakilan Demonstran.

Untuk kegiatan di lapangan, imbuhnya, tentunya Pemkot Depok telah berupaya menambah berbagai kekurangan berkaitan kelengkapan SSA, seperti pembongkaran separator di pertigaan Jl. Raya Dewi Sartika, membuat tiga rambu pita kejut dan rambu lainnya.

“Uji Coba SSA masih akan dilanjutkan dan sambil berjalan akan terus dikaji serta dievakuasi. Hasil evaluasi selama sebulan lalu, diterapkan atau tidak, keputusannya ada di Wali Kota Depok,” pungkas Gandara. (iki)

Komentar

Share This Post