IKAL RI PPRA 46 Berbagi Kasih Warga TPA Cipayung

Cipayung,Detif.com – Kota Depok patut berbangga, pasalnya dengan menggandeng Kodim 0508/Depok, Ikatan Keluarga Alumni Lemhanas Republik Indonesia (IKAL RI) Program Pendidikan Reguler Alumni 46 (PPRA 46)menyambangi Tempat Pengelolaan Sampah Akhir (TPA) Cipayung, Minggu (10/03/2018) untuk berbagi kasih memberikan kepedulian terhadap warga sekitar TPA.

Kedatangan para Keluarga Jendral tersebut merupakan rangkaian Bakti Sosial (Baksos) dalam Peringatan Hari Ulang Tahun ke 40 IKAL RI dengan tema “Demokrasi Sehat Negara Kuat”.Tampak warga sekitar sangat antusias datang pada kegiatan tersebut, pasalnya selain ada pembagian 1000 paket sembako gratis, IKAL juga menggelar Baksos Pengobatan atau pemeriksaan kesehatan gratis dan pemberian santunan terhadap 200 anak yatim di lingkungan Kelurahan Cipayung.

Bukan hanya warga, Walikota Depok M.Idris, Dandim 0508/Depok Iskandar, Kapolres Didik, Kadis LHK Etty Suryahati, Kabid Sarpras Kebersihan DLHK Ridwan, Kepala UPTD TPA Cipayung Iyay Gumilar, Perwakilan Dirjen Kemenkes RI, Perwakilan Ikatan Tionghoa Indonesia (INTI), Lurah Cipayung Herman dan Camat Cipayung Asep Rahmat, turut menghadiri dan memberi apresiasi terhadap giat kepedulian sesama tersebut.

Ketua Panitia Baksos IKAL Mayjen TNI Achmad Yuliarto menyampaikan alasan menggelar Baksos di TPA Cipayung, Depok lantaran diketahui warga sekitar terganggu kesehatannya, akibat dampak penampungan sampah, sehingga Pemkot Depok kerap memberikan pengobatan gratis sepekan sekali.

“Ini membuat kami merasa tepat memilih TPA sebagai lokasi Baksos. Semoga apa yang kami lakukan semakin memperkuat yang sudah dilakukan Pemkot Depok,” tandasnya.

Lebih jauh Achmad menyampaikan, IKAL berharap dengan apa yang dilakukan di TPA Cipayung, semua pihak terkait makin fokus menangani TPA Cipayung.

Setelah mengungkapkan kondisi, Program dan rencana pembangunan TPA Cipayung, serta kondisi kesehatan warga sekitar, Walikota Depok Mohammad Idris sangat terkesan atas pemilihan lokasi. Menurutnya dari sekian banyak tempat nyaman di Kota Depok, IKAL malah memilih tempat yang bau yakni TPA Cipayung untuk menggelar Baksos.

“Kami sangat bangga dan apresiasi setinggi-tingginya kepada IKAL, telah saling peduli sesama. Semoga ibadah IKAL ini, mendapat balasan yang besar dari yang maha kuasa,” imbuhnya.

Idris berharap, berkat program Pemkot Depok dan kepedulian IKAL kali ini, semoga warga Depok makin antusias memilah sampah dan bisa mempertahankan Penghargaan Adipura. Tak Lupa Walikota menghaturkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat mensukseskan kegiatan tersebut terutama kepada IKAL 46.

Kehadiran Ketum IKAL Agum Gumelar yang dinantikan oleh para warga dan pemulung dalam Baksos tersebut, namun tidak kunjung tiba, nampaknya terobati oleh pelayanan yang diberikan kepada masyarakat yang turut hadir.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh perwakilan IKAL Marsda TNI Purn, Beng Tarjani memaparkan, bahwa Agum Gumelar sebenarnya sangat ingin datang menemui masyarakat sekitar TPA tersebut, tapi lantaran ada kegiatan yang tidak bisa di tinggalkan, Agum batal datang ke TPA Cipayung, Depok.

Dia juga mengatakan baksos tersebut atas perintah Ketua Umum IKAL, Bapak Agum Gumelar sebagai bentuk kepedulian kepada sesama.”Terimakasih kepada masyarakat dan Pemkot Depok atas dukungannya”, haturnya.

Kepala UPTD TPA Cipayung Depok, Iyay Gumilar mengucap rasa syukur, atas kepercayaan IKAL menjadikan TPA sebagai tempat Baksos dan berbagi kasih, peduli terhadap warga sekitar TPA.(iki)

Komentar