Headline 

DKUM Depok Targetkan 24 Koperasi Sehat Tahun Ini

Balaikota, Detif.com – Meminimalisir makin berkurangnya keberadaan Koperasi di Kota Depok, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (DKUM) Kota Depok, tahun 2018 ini akan berupaya menjadikan puluhan Koperasi yang aktif, statusnya menjadi Koperasi Sehat.

“Dari 267 Koperasi yang aktif, baru 12 Koperasi yang statusnya sehat. Untuk itu tahun ini kita upayakan sekitar 24 Koperasi menjadi sehat”, tegas Kepala Bidang Kelembagaan dan SDM DKUM Kota Depok, Yana Ariatna, dimeja kerjanya, Selasa, (03/04/2018).

Dia menjelaskan, urutan tingkat Koperasi ada 4 yakni, Sangat Sehat, Sehat, Cukup Sehat dan Kurang Sehat. Untuk yang sudah sehat saat ini, akan diupayakan menjadi sangat sehat.

Yana menyatakan, awal 2017 lalu Kementerian Koperasi membubarkan 283 Koperasi berdomisili di Depok, lantaran tidak memberikan laporan RAT.”Dari 283 yang dibubarkan, 21 Koperasi meminta kepada kita agar di hidupkan kembali, dan permintaan itu sedang kami upayakan”, tukasnya.

Berkat kerjasam antara bidangnya dengan bidang pengawasan, diketahui dari 432 Koperasi, sedikitnya ada 165 sudah tidak aktif.Ratusan Koperasi tersebut menurut Yana terancam dibubarkan, pasalnya sudah 2 tahun tidak laksanakan RAT.Namun Dia akan berusaha melacak keberadaan Koperasi- Koperasi tersebut terlebih dahulu, agar tidak langsung dibubarkan oleh Kementerian.

“2 atau 3 minggu ini, akan mencari keberadaan Koperasi tidak aktif tersebut. Kita juga kerjasama dengan bidang pengawasan dan UKM, bila koperasi tersebut masih ada, akan ditawarkan apakah dibubarkan atau di revitalisasi”, tegasnya.

Yana menambahkan, mulai dari Januari sampai sekarang sudah melakukan penyuluhan terhadap 18 pra koperasi.Dia memang menganjurkan sebelum dibentuk menjadi Koperasi, baiknya menjadi pra koperasi selama 3 sampai 6 bulan, agar para pengurus maupun anggotanya tahu hak dan kewajiban mereka, sehingga koperasi mereka dapat berdiri kuat dan menjadi koperasi sangat sehat.(iki)

Komentar

Berita Terkait