Timpora Imigrasi Depok Jaring Puluhan  WNA Bemasalah

Kota Kembang, Detif.com – Kantor Imigrasi Kelas ⅡDepok melaksanakan Operasi Terpadu Tim Pengawasan Orang Asing, Rabu malam ( 11/4). Dari Operasi tersebut, 38 orang Warga Negara Asing, diciduk dari apartment di Depok.

Puluhan WNA yang diamankan, seterusnya dilakukan pendataan dan pemeriksaan terhadap kesemuanya, 5 orang WNA terlibat pelanggaran serius tentang ke Imigrasian.

“Dari 38 WNA, didapat 5 yang diduga melanggar tentang ke Imigrasian, 4 orang kewarganegaraan Afghanistan dan 1 orang Warga Negara Korea, yang Afghanistan tidak memiliki  kartu UNHCR dan masa berlakunya sudah habis atau illegal, dan 1 orang Korea, diduga penyalahgunaan izin tinggal” Ujar Kanim Depok Dadan Gunawan (kamis 12/4).

Sementara itu, 2 warga Negara Tanzania dan Korea, diamankan dokumennya untuk diperiksa lebih lanjut terkait keberadaannya dan kegiatannya saat berada Indonesia.

” 5 WNA kami amankan dan ditempatkan diruangan ditensi, untuk yang WNA Korea dapat dikenakan tindakan Administratif ke Imigrasian berupa deportasi dari Indonesia, tetapi jika ditemukan 2 alat bukti yang mencukupkan, maka dapat dilakukan penyelidikan Tindak Pidana keImigrasian yang diatur dalam pasal 122 huruf a no 6 tahun 2011, dengan ancaman Hukuman 5 tahun dan denda 500juta Tentang KeImigrasian Terhadap Orang Asing” tegas Dadan Gunawan, Kepala Imigrasi Kelas ⅡDepok.

Pelaksanaan Operasi Terpadu Tim Pengawasan Orang Asing ( Timpora) tersebut, dilakukan bersama Kejaksaan Negeri Depok, Polres Depok, Kodim 0508, Sat Pol PP.(Andi)

Komentar

Share This Post