Headline SOSIALISASI 

Demi Percepatan Pelayanan Publik, Walikota Depok Resmikan DEPOK CITY OPERATION ROOM

DEPOKINTERAKTIF.COM , Balaikota – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali melakukan inovasi terbaru dengan menciptakan Ruang Kendali Kota Depok atau Depok City Operation Room (DeCOR) yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Depok, Mohammad Idris di lantai 5 Balaikota Depok, Rabu (23/01/2019).

Walikota Depok Mohammad Idris mengatakan, bahwa DCOR merupakan pusat kendali terpadu yang terintegrasi dengan seluruh pelayanan di Kota Depok.

“Intinya pengadaan DeCOR ini sebagai upaya penerapan salah satu misi Kota Depok, yaitu penyelenggaraan pelayanan publik yang profesional dan transparan. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” tutur Idris pada media saat jumpa pers diruang room operation.

Idris menjelaskan, DeCOR akan terintegrasi dengan berbagai pelayanan publik di Kota Depok. Di antaranya pelayanan Area Traffic Control System (ATCS) yang dimiliki Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok, Call Center dan pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 yang dimiliki Diskominfo, NTPD 119 yang dimiliki Dinkes, pelayanan pemadam kebakaran serta pelayanan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).

“Setiap aduan yang dillaporkan secepatnya akan merespon ke instansi terkait. Misalnya ada kasus kriminalitas, laporan yang masuk melalui panggilan darurat 112 langsung diteruskan ke pihak kepolisian sehingga penanganannya lebih cepat,” ujarnya.

Mohammad Idris menambahkan, pihaknya akan terus meningkatkan sarana dan prasarana (sarpras) dalam memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Termasuk dengan menambah 10 CCTV di beberapa titik yang terintegrasi dengan DCOR tahun ini. Adapun titik-titik pastinya masih dalam perencanaan,” ungkap Idris.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskonfo) Kota Depok Sidik Mulyono menjelaskan, sasaran utama layanan DeCOR ini untuk menyempurnakan pelayanan publik baik pelayanan kepada masyarakat maupun pelayanan ke dalam Pemarintah Kota Depok. Sedang pembangunan DeCOR tersebut di biayai oleh APBD Kota Depok tahun 2018 dengan dua tahap pembangunannya.

“Dengan layanan akses sebagai pusat pengendali data dari seluruj Dinas terkait akan semakin mempermudah pelayanan pada masyarakat Kota Depok,” ujar Sidik.

Sidik juga menambahkan, pembangunan DeCOR kegiatan di kerjakan dua tahap, tahap pertama melakukan pembangunan Knfrastfuktur? Dan untuk tahap kedua di fokuskan peningkatan perangkag teknologi seperti pengadaan server, rak server dan perangkat lain yang menjnjang terbentuk operation room.

“Pemerintah Kota Depok membangun DeCOR ini di makdudkan agar pelayanan publik, layanan data, layanan sosial dan kejadian yang terjadi di Kota Depok dapat cepat, tepat dan akurat, sehingga kejadian demi kejadian dapat cepat terlayani dengan baik,”tutup Sidik.(gps)

Komentar

Berita Terkait