Headline Seni Budaya 

Jelang Pilpres 2019, JAKER Keluarkan Pernyataan Sikap Kebudayaan

 

Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 17 April 2019 tinggal hitungan hari, dan suhu panas politik sudah terasa jauh hari yang efeknya membuat gerah dan sesak kehidupan rakyat.
Tak bisa dielakkan bahwa persaingan antar pendukung pasangan calon (bahkan si calonnya sendiri saling serang) menambah gaduh suasana politik kita.

“Rusuhnya” politik kita ini tercermin ekspresi ekstrim lewat media sosial dalam bentuk hoax (berita bohong), meme, vidio-vidio. Ada memang yang memberi dukungan ke calonnya dengan konten kreatif, tapi yang negatif pun sangat banyak.

Melihat situasi diatas maka Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat (JAKER) menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Tetap Jaga Persatuan
Kita adalah kumpulan banyak bangsa yang telah bersepakat berdasarkan satu konsensus sumpah pemuda di tahun 1928. Bersatunya kita itu ada atas kesediaan untuk tidak mengutamakan kepentingan pribadi maupun golongan.

Persatuan kita dalam ikrar Negara Kesatuan Republik Indonesia harus langgeng dan menuju kepada kesejahteraan bersama.

Pemilihan umum serentak baik Legislatif dan Presiden adalah hal biasa dalam perjalanan demokrasi di negeri kita, jangan justru dijadikan ruang untuk bermusuhan sesama rakyat.

2. Hindari Politik Adu Domba dan SARA
Politik pecah belah dan adu domba adalah cara-cara licik penjajah Belanda agar rakyat kita tidak berkumpul dan kompak melawan. Bila kita (secara pribadi atau kelompok) mendukung salah satu pasangan calon maka kita tidak boleh mengulang cara-cara kaum penjajah tersebut. Ekspresikanlah dukungan kita dengan model positif – konten kreatif dengan tidak menyerang suku, agama, kepercayaan orang yang dukungan atau pilihannya berbeda dengan kita.

FOTO: Tejo Priyono, Ketua Umum JAKER (Jaringan Kerja Kebudayaan Rakyat)

Demikian Pernyataan Sikap ini, yang terpenting adalah meski beda pilihan harus tetap merawat nilai-nilai agung bangsa ini; memuji Sang Pencipta, gotong royong, cinta perdamaian, penghormatan kepada kemanusiaan, mencita-citakan keadilan sosial, yang kesemua itu tersarikan lewat ideologi kita Pancasila.

Jakarta, 5 April 2019

Tejo Priyono, Ketua
Roso Suroso, Sekretaris Jenderal

PENGURUS PUSAT
JARINGAN KERJA KEBUDAYAAN RAKYAT (PP – JAKER)
Jalan Tebet Dalam IC No. 3 Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12810
email: jakerpusat@gmail.com

 

Komentar

Berita Terkait