Headline Seni Budaya 

Dirgahayu Kaoem Depok

DEPOK LAMA – Tiga ratus lima tahun bukanlah waktu yang sebentar. Tentunya ini merupakan perjalanan panjang dari sebuah tujuan untuk menggapai cita-cita.

Dahulu pernah hidup tuan tanah yang memerdekakan budak-budaknya, yaitu Cornelis Chastelein. Usia hidupnya pun tak terlalu lama, sekitar 57 tahun. Namun, dia meninggalkan jejak yang berarti dan terkenang hingga 305 tahun lamanya.


Sekitar 18 warsa menjelang akhir hidupnya, Cornelis Chastelein menyusun sebuah ikhtiar agar segala sesuatu yang telah Tuhan berikan kepadanya, bisa terus dinikmati banyak orang. Ia menulis wasiat. Dalam salah satu wasiatnya ini ia pun memerdekakan budak-budaknya agar juga memiliki tanah dan rumah, menjejaki kehidupan mereka sendiri; meraih mimpi, harapan dan kesejahteraan mereka sendiri.

Pagi ini kita mencoba merenungi kembali jejak-jejak sejarah pendahulu kita. Harapannya agar kita terus mempertahankan nilai-nilai luhur dan semangat persaudaraan dalam komunitas Kaoem Depok.


Adapun sejarah yang tercatat merupakan bukti kuat eksistensi Kaoem Depok yang telah hadir sejak dahulu di tanah yang kita pijaki saat ini. Waktu boleh terus berlalu, namun ikatan tali kasih antar sesama Kaoem Depok tidak akan pernah luntur.

Sebagai implementasi wasiat Cornelis Chastelein, untuk itu Pembina, Pengawas maupun Badan Pengurus YLCC membuka diri untuk berkomunikasi dan berkolaborasi dengan berbagai kalangan untuk bersama-sama berkarya, menghadirkan damai sejahtera Tuhan bagi lingkungan sekitar kita, bagi masyarakat luas.

Selain itu YLCC juga akan terus menjangkau banyak pihak untuk bergandengan tangan di dalam kasih Tuhan, dengan sebuah keyakinan bahwa Kasih dapat mendinamisasi segala perbedaan. Semangat untuk menjadi satu, dipahami bahwa di dalam perbedaan yang ada kita harus tetap selalu bersatu, dan saling melengkapi.

Sebagai satu-satunya lembaga yang dimiliki kaum Depok, YLCC menantikan dukungan dari berbagai pihak, sehingga kelangsungan cita-cita dan amanah yang diemban dapat terus terjaga, tetap lestari, tak pupus digerus zaman.

“Sinergitas antara Pembina, Pengawas, Badan Pengurus YLCC. Kaoem Depok, simpatisan, dan stake holder yang ada, tentunya akan beriringan membawa kesejahteraan bersama di Depok kota tercinta ini,” Ketua Umum Chico Tholense – Tangke Allo.(wr)

Komentar

Berita Terkait