Headline Kesehatan SOSIALISASI 

Depok Butuh Peran Aktif Mitra Pemerintah Untuk Wujudkan Kota Sehat

BALAIKOTA – Dalam rangka mewujudkan kota sehat di Depok tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saja. Sebab dibutuh dukungan nyata dari lembaga mitra pemerintah agar tatanan kota sehat dapat diraih.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Widyati Riyandani, tentu Perangkat Daerah (PD) di lingkup Pemkot Depok memiliki mitra di masyarakat. Mitra PD tersebut harus bisa mewarnai tatanan kota sehat yang ada di setiap wilayah.

“Semakin banyak mitra, semakin banyak kerja yang bisa dilakukan untuk mewujudkan tatanan kota sehat yang diidamkan Kota Depok,” kata Wid, sapaan akrabnya, kepada media, usai kegiatan Koordinasi Lintas Sektor Lembaga Pemerintah Dalam Rangka Pembinaan Tatanan Kota Sehat di Aula Sekretariat Bersama Forum Kota Depok Sehat (FKDS), Dibaleka 2, belum lama ini.

Lebih lanjut, ucapnya, berbagai mitra pemerintah yang ada tingkat Kota Depok bisa bersinergi dengan program yang ada di FKDS. Terlebih, apabila mitra tersebut memiliki kepengurusan hingga tingkat kecamatan dan kelurahan. Hal ini sangat menguntungkan karena di tingkat kecamatan ada Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) dan Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan Sehat.

FOTO: Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Depok, Widyati Riyandani. (Foto : Diskominfo)

“Struktur kalau ada hingga kecamatan dan kelurahan di FKDS juga ada FKKS dan Pokja Kelurahan Sehat. Ayo sama-sama bersinergi untuk Depok yang sehat. Jadikan sehat itu sebagai kebiasaan dari gaya hidup masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Forum Anak Kota Depok, Nizar Arifshidqi mengaku, siap untuk berkolaborasi dengan FKDS, FKKS dan Pokja Sehat demi menyukseskan program Kota Sehat. Dikatakannya, forum anak memiliki nilai strategis dalam menanamkan kebiasaan dan pola hidup sehat sejak dini untuk anak-anak di Depok.

“Kami siap bersinergi untuk kota sehat. Karena salah satu peran kami adalah mengupayakan pemenuhan hak anak atas kesehatan dan lingkungannya,” tandasnya.(dn)

Komentar

Berita Terkait