Headline Kesehatan 

Keren, RSUD Depok Sabet Anugerah Bapeten 2019

Depok Interaktif, Balaikota -Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Kali ini, RSUD Depok menyabet penghargaan Anugerah Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) 2019. Penghargaan ini diberikan terkait keselamatan dan keamanan nuklir kegiatan radiologi diagnostik dan intervensional.

Direktur RSUD Kota Depok, Aloe’ah Madjri mengatakan, Bapeten mengapresiasi atas paparan seputar nuklir radio aktif. RSUD Depok menjadi satu dari 81 fasilitas kesehatan radiologi se-Indonesia yang mendapat penghargaan dari Bapeten.

“Dalam penilaian, kami tidak dilibatkan, jadi penilaian sepenuhnya dari Bapeten. Ini menjadi komitmen RSUD Depok dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat agar aman untuk lingkungan, air, tanah, udara, dan aman dari paparan radiologi,” jelas Luluk, sapaannya, kepada depok.go.id di Aula Gedung BD RSUD Depok, belum lama ini.

Dirinya mengatakan, ada tujuh indikator penilaian dalam penghargaan Bapeten yaitu perizinan dimana RSUD Depok artinya sudah melakukan prosedur perizinan yang sesuai dengan standar. Kemudian, indikator ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) maksudnya SDM radiologi yang dimiliki RSUD Depok sudah terpenuhi.

Selain itu, ucapnya, terdapat indikator pemantauan dalam hal ini terkait pemantauan dosis pekerja radiasi, artinya radiografer RSUD Depok terpantau dan aman dari paparan radiasi. Lalu, ada pula indikator pemantauan kesehatan pekerja radiografer.

Indikator lainnya, sambung Luluk, adanya pemantauan paparan radiasi daerah kerja, sehingga lokasi radiologi di RSUD Depok tidak tembus dan bocor paparannya. Serta ketersediaan peralatan keselamatan dan keamanan sumber radiasi pengion.

“Kami juga dinilai mengenai ketersediaan kesesuaian dokumen dan rekaman keselamatan dan keamanan sumber radiasi pengion tersebut,” tandasnya.(tr_)

Komentar

Berita Terkait

Secured By miniOrange