Home Headline Walikota Depok Keluarkan 12 Jurus Pencegah COVID-19

Walikota Depok Keluarkan 12 Jurus Pencegah COVID-19

MARGONDA – Dalam melawan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) ditengah warga, Pemerintah Kota Depok mensosialisasikan 12 cara atau jurus untuk pencegahan penyebaran Covid-19.

Walikota Depok Muhammad Idris mengatakan, belasan tindakan itu dikerjakan karena status Covid-19 ini telah ditetapkan menjadi siaga 1. Penetapan itu karena terjadinya penambahan pasien positif Corona di Jabodetabek. Sehingga penanganan konkrit harus dilakukan oleh seluruh pemerintah daerah.

Dijelaskan Walikota di Balaikota Depok pada Sabtu (28/03) bahwa 12 jurus tindakan pencegahan tersebut adalah:

Pertama, memerintahkan Dinas Kesehatan dan perangkat daerah terkait untuk mengambil langkah-langkah taktis dan ekstra dalam penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19.

Kedua, berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Pemprov Jawa Barat dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk membuat kebijakan penanganan Corona.

Ketiga, melakukan perbaharuan data pasien yang tertular Corona melalui situs ccc-19 Depok.go.id.
Keempat, membentuk tim penanganan dan pencegahan Virus Corona di Kota Depok.

Kelima, mengeluarkan kebijakan meliburkan kegiatan belajar mengajar di semua sekolah, kegiatan Posyandu dan posbindu, meniadakan Car Free Day, sampai menutup sejumlah fasilitas umum yang banyak mengundang massa.

Keenam, mengeluarkan kebijakan mengatur jam kerja ASN (Aparatur Sipil Negara) dan Pegawai Pemerintah Kota Depok sampai mengintruksikan Camat dan Lurah memonitoring lingkungan warga melalui RT/RW.

Ketujuh, melakukan evaluasi kerja terhadap kebijakan yang dikeluarkan.
Kedelapan, mengintruksikan Camat/Lurah proaktif menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat.

Kesembilan, menyediakan layanan call center Corona melalui nomor 112 dan 119 serta mensiagakan tim Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) selama 24 jam.

Kesepuluh, memantau perkembangan penanganan PDP dan ODP hingga pulih seratus persen.

Kesebelas, mensinkronkan data perkembangan COVID-19 Depok demgan data INKOBAR.

Keduabelas, melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menerapkan PHBS, penyemprotan disinfektan agar masyarakat tidak panik.

Pemkot Depok juga bekerjasama dengan TNI dan POLRI serta lembaga tanggap bencana serta para relawan dalam penanggulangan wabah Covid-19 ini.(tr)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat

DEPOK ZONA MERAH COVID-19 DI BODETABEK

DEPOK- Kota Depok memiliki tingkat yang keakutan tinggi dalam penularan COVID-19 di antara kota dan kabupaten lain yang berbatasan dengan episentrum DKI Jakarta terhadap...
- Advertisement -

DJC Bagikan Bantuan Sembako dari Qonita

DEPOK - Bertepatan dengan hari Kartini, Bakal Calon (Balon) Walikota Depok dari Partai Persatuan Pembangunan Kota Depok Hj. Qonita Luthfiah, memberikan bantuan Sembako kepada...

Walikota Depok Keluarkan 12 Jurus Pencegah COVID-19

MARGONDA - Dalam melawan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) ditengah warga, Pemerintah Kota Depok mensosialisasikan 12 cara atau jurus untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Walikota Depok Muhammad...

Ndaru Siap Menghadapi pemilihan Duta Baca Jawa Barat

Duta Baca kota Depok Ndaru Luriadi akan mengikuti pemilihan Duta Baca Jawa Barat untuk 2020 yang dilaksanakan di Bandung pada 10 sampai 12 Maret. Pada...

Berita Terkait

Hari Lingkungan Hidup, Pemkot Ajak Warga Selalu Jaga Kelestarian

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni, dimaknai Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok dengan berbagai cara. Termasuk,meminta...

Mengenal Lebih Dekat Wiji Thukul, Penyair Dan Aktivis Yang Hilang

Badannya kurus, pakaiannya lusuh khas kaum pinggiran, wajahnya telah menjadi sebuah simbol perjuangan HAM, melawan penindasan. Teriakannya mampu menggetarkan pemerintah zalim, mengalahkan suara keras...