Headline Kesehatan Lingkungan Hidup Sosialisasi 

Jaga Kepanikan, Pemkot Harus Sediakan Masker di Tempat Umum

Pemerintah Kota Depok terus bergerak aktif mengantisipasi perkembangan penularan virus corona pasca diumumkan oleh Presiden Jokowi, Senin (2/3). Wali kota Depok Mohammad Idris menghimbau agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi situasi ini dan tetap menjaga kesehatan.

“Jaga kesehatan dan kebugaran fisik kita agar imunitas tubuh selalu kuat. Segera melapor ke rumah sakit terdekat jika mengalami gejala deman, batuk dan sesak nafas bersamaan” ungkapnya.

Menganggapi himbauan tersebut, Christanto dari relawan penanggulangan bencana, “Agar masyarakat tidak panik, pemerintah harus dapat memastikan hand sanitizer dan masker tersedia di tempat-tempat umum seperti sekolah. Jangan sampai orang tua panik mencari masker untuk anaknya. Pemerintah proaktif menyediakan hand sanitizer dan masker untuk anak saat sekolah.”

Secara global, Covid-19 sudah menjangkiti 91.313 orang dengan jumlah kematian sebanyak 3.118 yang sebagian besar di China, 2.835 kematian. Hanya 3 negara selain China yang mencapai lebih dari seribu orang positif terjangkit Corona yakni, Korea Selatan, Iran dan Italia.

“Kunci pengendalian virus ini ada di masyarakat. Ini yang kami kampanyekan sebagai Masyarakat Sadar Bencana, yang artinya masyarakat mencatat dan mengikuti arahan pemerintah terkait kebencanaan. Dalam kasus ini masyarakat secara sadar melaporkan diri jika mempunyai gejala-gejala Covid-19.” Tutur ketua Sahabat Siap Selamat itu.

Komentar

Berita Terkait

Secured By miniOrange