Home Headline Liverpool Berhasil Curi Angka Di Kandang Chelsea

Liverpool Berhasil Curi Angka Di Kandang Chelsea

FOTO: Luis Suarez saat melakukan selebrasi usai membobol gawang Chelsea untuk menyamakan skor.

LONDON – Sempat unggul lebih dulu, Chelsea akhirnya hanya mampu bermain imbang 1-1 kala menjamu Liverpool di Stamford Bridge, Minggu (11/11) malam.

Chelsea lebih dulu membuka keunggulan lewat tandukan keras John Terry, yang malam ini kembali memperkuat armada The Blues usai menjalani hukuman skorsing. Sayang, comeback Terry berakhir antiklimaks ketika dirinya terpaksa ditandu keluar akibat mengalami cedera akibat kontak fisik dengan Luis Suarez.

Suarez sendiri kembali menjadi pahlawan The Reds setelah golnya di babak kedua membawa anak-anak asuh Brendan Rodgers menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Striker Uruguay sebenarnya memperoleh sejumlah peluang untuk menggandakan golnya, namun hingga wasit Howard Webb mengakhiri laga, kedudukan itu tidak juga berubah.

Babak pertama

Liverpool mengawali laga dengan baik dan langsung membuka peluang lewat Daniel Agger yang berhasil merangsek ke area pertahanan Chelsea. Namun, pertahanan solid Branislav Ivanovic mampu menghindarkan tim tuan rumah dari bahaya.

Tidak lama kemudian, anak-anak asuh Roberto Di Matteo langsung menjawab tantangan klub Merseyside melalui peluang Oscar. Chelsea memanfaatkan situasi ketika Joe Allen kehilangan kontrol atas bola di lini tengah sebelum Eden Hazard melepaskan umpan terukur kepada Oscar.

Meski telah berhadapan dengan kiper Australia Brad Jones, namun peluang itu terbuang setelah tendangan Oscar masih melambung di atas mistar.

Perlahan, Chelsea mulai mendominasi laga. Fernando Torres tampak enerjik menghadapi mantan klubnya, meski terdengar sorakan dari kubu pendukung The Reds setiap kali dirinya membawa bola.

Liverpool mendapat beberapa peluang bagus lewat sepak pojok, namun tidak memberikan tekanan berarti kepada Petr Cech.

Publik Stamford Bridge akhirnya bersorak ketika John Terry menandai comeback-nya setelah menjalani sanksi skorsing dengan menceploskan gol ke-50 untuk The Blues.

Kelengahan lini belakang Liverpool membuat Terry bergerak bebas melewati Agger di dalam kotak untuk menyambut sepak pojok Juan Mata dengan tandukan kepalanya. Jones tidak mampu berbuat banyak untuk mencegah bola masuk ke dalam gawangnya. 1-0 Chelsea memimpin.

Agger berupaya membayar kesalahannya dengan melepaskan tembakan spekulatif yang masih jauh dari target.

Gawang Jones kembali terancam ketika kerja sama Hazard dan Torres nyaris memberikan gol kedua bagi Chelsea. Beruntung, kesigapan Jones berhasil menepis tendangan jarak dekat El Nino. Hazard sempat menyambar bola liar dengan tendangan gunting, namun tendangannya masih melebar.

Nasib buruk menimpa Terry ketika dirinya terpaksa meninggalkan laga lebih awal setelah mengalami cedera di menit 37. Itu terjadi ketika Luis Suarez yang terjatuh akibat kontak fisik dengan Ramires menimpa kaki Terry yang langsung tergeletak kesakitan. Roberto Di Matteo pun menurunkan Gary Cahill untuk menggantikan Terry yang harus ditandu keluar lapangan.

The Blues tampaknya sedikit terguncang dengan cedera yang dialami Terry. Meski demikian, Liverpool gagal memanfaatkan kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Peluang Suarez maupun Steven Gerrard belum mampu dimaksimalkan untuk membawa The Reds mencetak gol balasan.

Liverpool justru nyaris kembali kebobolan di injury time ketika Mata melewati kawalan pemain belakang Liverpool sebelum membawa bola ke depan gawang Jones. Sial bagi Chelsea, tendangan winger Spanyol masih melambung di atas mistar. Kedudukan 1-0 untuk Chelsea pun tidak berubah hingga turun minum.

 

Babak kedua
Jalannya babak kedua tidak jauh berbeda dengan 45 menit sebelumnya. Liverpool mengawali laga dengan meyakinkan, di mana Raheem Sterling dan Jose Enrique langsung mengambil inisiatif serangan dari sisi kiri. Namun, keputusan offside dari hakim garis mengakhiri serangan tersebut.

Howard Webb menjatuhkan kartu kuning kepada Joe Allen setelah pemain asal Wales itu menjatuhkan Torres.

Tidak lama, giliran Glen Johnson yang dikartu kuning akibat pelanggaran terhadap Oscar. Pelanggaran ini juga membuahkan tendangan bebas untuk tuan rumah dan nyaris menggandakan keunggulan Chelsea.

Jones kembali memperagakan aksi penyelamatan brilian ketika menggagalkan peluang Torres dari jarak dekat setelah striker Spanyol menyambar bola hasil tendangan bebas. Sempat terjadi kericuhan di depan gawang sebelum wasit menghentikan laga untuk sementara waktu karena menyadari Gerrard tergeletak di tepi lapangan.

Brendan Rodgers memutuskan memberi penyegaran dalam skuatnya dengan menurunkan Suso untuk menggantikan Nuri Sahin di menit 60.

Johnson melakukan pergerakan apik ke area pertahanan Chelsea sebelum melepaskan umpan silang ke dalam kotak. Sayang, umpannya tidak mampu dicapai satupun pemain Liverpool.

Gawang Petr Cech sempat terancam lewat peluang Joe Allen menyusul sepak pojok. Beruntung, Hazard yang berdiri di depan gawang mampu membuang bola untuk mempertahankan keunggulan Chelsea.

Gerrard menjadi pemain ketiga Liverpool yang mendapat kartu kuning setelah melanggar Oscar dalam perebutan bola. Peluang-peluang yang terbuang serta pertahanan solid Chelsea tampaknya mulai membuat tim tamu frustrasi.

Namun, doa Liverpudlian akhirnya dijawab dengan indah di menit 72. Siapa lagi kalau bukan Luis Suarez yang tampil sebagai penyelamat Liverpool dan membawa klub Merseyside menyamakan kedudukan 1-1.

Berawal dari sepak pojok Gerrard, Jamie Carragher meneruskan bola kepada Suarez yang berada di depan gawang. Striker Uruguay tanpa ragu menanduk umpan Carragher dengan sempurna untuk mengoyak gawang Cech untuk pertama kalinya malam ini.

Chelsea segera melakukan serangan balasan melalui Ryan Bertrand yang melaju ke sisi kiri kotak penalti. Bertrand bermaksud memberikan bola kepada Mata di tengah area pertahanan Liverpool, namun bola berhasil dibuang oleh pemain tim tamu.

Suarez nyaris menambah pundi-pundi gol setelah dirinya berhasil meloloskan diri dari kawalan Cahill dan menyambut umpan jauh Gerrard. Akan tetapi, upaya Suarez belum menemui sasaran.

Di Matteo melakukan dua pergantian pemain terakhir dengan harapan bisa mengembalikan ritme permainan Chelsea yang mulai menghilang. Victor Moses dan Daniel Strurridge diturunkan untuk menggantikan Oscar dan Fernando Torres.

Chelsea mendapat peluang mengembalikan keunggulan di penghujung laga ketika sepak pojok Mata disambut tandukan Ivanovic di depan gawang Jones. Sayang, sundulan bek Serbia belum berhasil membuahkan gol kedua bagi Chelsea.

Dua menit sebelum waktu normal berakhir, Suarez membuat pendukung tuan rumah ketar-ketir ketika dirinya berhasil meloloskan diri dari perangkap offside dan membawa bola ke depan gawang. Namun, peluang itupun gagal dikonversikan menjadi gol.

Kerja sama Sterling dan Suarez memberikan peluang bagi Liverpool di penghujung laga. Sayang, meski tendangan Enrique sudah terarah, bola masih mampu ditepis oleh Cech, sehingga kedudukan 1-1 bertahan hingga Howard Webb meniup peluit panjang terakhir.

Susunan pemain:

Chelsea: Cech, Azpilicueta, Ivanovic, Terry, Bertrand; Mikel, Ramires; Mata, Oscar, Hazard; Torres

Cadangan: Turnbull, Ferreira, Cahill, Romeu, Marin, Moses, Sturridge

Liverpool: Jones; Wisdom, Carragher, Agger; Johnson, Gerrard, Sahin, Allen, Enrique; Sterling, Suarez

Cadangan: Gulacsi, Cole, Assaidi, Henderson, Coates, Downing, Suso

- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat

Wakil Ketua PWI Depok Rahmat Tarmuji Hadiri Undangan HPN PWI Jawa Barat 2021

CIANJUR - Acara Puncak HPN PWI Tingkat Jawa Barat digelar di Kabupaten Cianjur. Hari Pers Nasional (HPN) 2021 Tingkat Jawa Barat ini dijadikan momentum...
- Advertisement -

Setelah Tertunda, Ridwan Kamil Akhirnya Lantik IDRIS-IMAM

 BANDUNG - “Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Wali Kota Depok/Wakil Wali Kota Depok dengan sebaik-baiknya seadil-adilnya memegang teguh Undang Undang...

Nila Karyani Guru SMPN 3 Depok Terpilih Menjadi Ketua MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok

Pergantian pengurus dalam organisasi merupakan suatu dinamika yang tidak bisa dihindari, bahkan sepertinya harus dilakukan sebagai sebuah proses menuju perbaikan dan peningkatan program. Dengan...

Jurnalis Depok Peringati HPN 2021: Mengenang 25 Tahun Pembunuhan Udin Pahlawan Pers

DEPOK - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2021, para jurnalis di Kota Depok yang tergabung di Depok Journalist Club (DJC) akan menyelenggarakan  rangkaian...

Berita Terkait

Hari Bhakti Adhyaksa Ke-61, Kejari Depok Gelar Baksos dan Webminar Wawasan Hukum

CILODONG - Kejaksaan Negeri Depok melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-61 Tahun 2021 dan Hari Ulang Tahun (HUT)...

ROMI & The JAHATs Dan GONG MERAH PUTIH Siap Menggebrak Di Indie For Saturday 24 Juli

DEPOK - NGAMAR PODCAST ORGANIZER akan menggelar konser virtual setelah masa PPKM Darurat 3-20 Juli selesai. Konser ini digelar secara virtual dengan tiket terjangkau...

Vaksinasi Usia 12-17 Tahun di Depok Tunggu Distribusi Logistik dari Kemenkes

BALAIKOTA - Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak usia 12 sampai 17 tahun di Kota Depok belum dapat dilakukan. Saat ini masih menunggu pendistribusian logistik...

Tersangka Kasus ‘Joget-joget’ Di Hajatan Saat PPKM Darurat Segera Diperiksa JPU

KOTA KEMBANG - Kejaksaan Negeri Kota Depok menggelar Konfrensi Pers pada Selasa (6/7) terkait Tersangka Kasus Hajatan Lurah disaat pemberlakukan PPKM hari pertama di...

Walikota Himbau ASN Ikut Aktif Mencegah dan Menangani Covid-19

BALAIKOTA - Wali Kota Depok Mohammad Idris mengimbau kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk berperan aktif dalam pencegahan, penanganan dan pengendalian Covid-19 di Kota...