Home Headline Pencapresan Ical Mulai Digoyang Akbar Tandjung

Pencapresan Ical Mulai Digoyang Akbar Tandjung

 

Jakarta – Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung tak segan mengungkap adanya kekecewaan DPD II Golkar terhadap pencapresan Ical. DPD II Golkar disebutkan Akbar kecewa karena tak dilibatkan dalam mekanisme Rapimnas penetapan capres Golkar.

Akbar pun tak segan meminta elektabilitas Ical dievaluasi pada Juli 2012 mendatang, atau di Rakernas V Golkar yang diagendakan tahun depan. Di Rakornas tersebut, Akbar mendesak DPD II Golkar diikutsertakan.

Bukan rahasia lagi Akbar Tandjung saat ini masih cukup kuat di internal Golkar. Kalangan pimpinan DPD II Golkar adalah pendukung setia Akbar Tandjung. Akbar juga punya sejumlah loyalis di DPP Golkar. Diisukan Jusuf Kalla yang juga berniat maju Pilpres 2014 saat ini juga telah merapat ke kubu Akbar. Goyangan Akbar bisa berdampak buruk pada pencapresan Ical.

Akbar dan Ical memang telah menggelar pertemuan dua hari lalu terkait pengkajian elektabilitas Ical. Namun Akbar masih saja bersuara keras terkait pencapresan Ical, meski dengan cara Akbar yang sangat halus mengungkapkannya.

“Ical nggak digoyang Akbar saja sudah berat. Sebab bahan dasar untuk membuat keputusan dia menjadi capres itu nggak kuat karena elektabilitasnya nggak cukup kuat. Apalagi kalau Akbar menggerakkan mesin politiknya untuk melawan itu semakin gawat,” kata pengamat politik UI Arbi Sanit kepada detikcom, Jumat (21/12/2012).

Akbar Tandjung sebenarnya telah mengirim surat resmi ke Ical terkait dorongan pengkajian ulang elektabilitas Golkar. Namun DPP Golkar sepakat dengan Ical untuk tak melaksanakan saran Ketua Wantim Golkar tersebut.

“Sebenarnya surat itu dilayangkan karena memang elektabilitas Ical tidak maksimal. Ini menjadikann orang-orang kritis di Golkar menjadi prihatin. Di satu sisi Golkar meningkat elektabilitasnya tapi calon presidennya menurun. Ini permasalahan mendasar,” katanya.

Arbi menuturkan, saat ini belum ada pergerakan besar-besaran untuk menggagalkan pencapresan Ical, namun peluang itu terbuka lebar.

“Memang kekuatan orang-orang kritis itu belum menyatu. Kalau sudah ramai-ramai menolak maka akan berat bagi Ical. Sampai saat ini daerah masih berharap Ical memenuhi janji-janjinya. Kalau itu diabaikan maka bisa gawat,” tegasnya.

Ical sendiri masih santai menanggapi manuver Akbar tersebut. Bagi Ical, masukan dari Wantim Golkar tak harus dikerjakan. Ical tak merasa pencapresannya dijegal.

“Wantim itu dasarnya adalah saran dari Wantim itu boleh didengarkan boleh tidak. Didengarkan wajib, tidak diikuti tidak wajib, gitu loh,” kata Ical usai diskusi yang digelar di Ballroom Hotel Le Meridien, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (19/12/2012).(dtk)

 

 

Sumber: www.detik.com

- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat

Inilah Prediksi 5 Kepala Dinas Terpilih Versi PAD

MARGONDA - Pasca dirilis oleh Kepala BKPSDM tentang 15 nama kandidat Kepala Dinas akan dipilih oleh Walikota Depok 5 nama untuk di lima posisi...
- Advertisement -

Dewan Provinsi Jabar Hasbullah Rahmad Beri Masukan Pada Pemkot Depok

DEPOK – Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi PAN, HM. Hasbullah Rahmad., S.Pd. M.Hum, merasa prihatin terhadap kondisi pelaku UMKM di Kota Depok...

Pemkot Depok Tambah ABT Untuk Bantu Warga Terdampak Bencana

BALAIKOTA - Pemerintah Kota Depok bergerak cepat menindaklanjuti dampak hujan deras disertai angin kencang yang terjadi pada (21/06) sore, sehingga mengakibatkan rumah dan infrastruktur...

Lolos Babak Kualifikasi Jabar, Walikota Janjikan Bonus Atlet Drum Band

CILODONG - Wali Kota Depok Mohammad Idris berjanji akan memberikan bonus kepada atlet drum band Kota Depok yang akan berjuang untuk lolos babak kualifikasi...

Berita Terkait

AJI minta Media segera koreksi isi pemberitaan teror terhadap keluarga Veronica Koman

 NASIONAL – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia meminta media yang memberitakan teror terhadap orangtua dan kerabat akvitis Veronica Koman, segera melakukan koreksi.Ketua Umum AJI...

Forum Anak Depok Tetapkan Buti Adia Dharma Sebagai Ketua

Buti Adia Darma resmi ditetapkan sebagai Ketua Forum Anak Depok (FAD)  periode 2022-2024. Penetapan tersebut dilakukan melalui Musyawarah Daerah (Musda) Forum Anak Tahun 2021.Kepala...

PDAM Tirta Asasta Depok Maksimalkan Penggunaan Data Logger

depokinteraktif.com - Perkembangan teknologi yang semakin maju pesat, PDAM Tirta Asasta Kota Depok juga mengikuti perkembangan teknologi dengan terus melakukan perubahan dan penyesuaian layanan...