Home Kesehatan Ingin Punya Payudara Cantik dan Sehat? Pakailah Bra yang Tepat

Ingin Punya Payudara Cantik dan Sehat? Pakailah Bra yang Tepat

Jakarta, Wanita mana yang tidak bangga jika memiliki payudara sehat dan indah. Biasanya, wanita memperlengkapinya dengan koleksi berbagai macam bentuk dan motif bra untuk mempercantik area dadanya.

Tetapi, apakah Anda sudah menggunakan bra yang tepat? Mempercantik payudara tentu juga harus tetap memikirkan kesehatannya hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan bra berukuran tepat. Dikutip dari Times of India, Selasa (14/5/2013) ini dia 3 cara mudah untuk memeriksa ukuran bra yang sesuai dengan payudara Anda:

1. Buang Tali Pengukur Anda

Mengukur payudara dengan tali pengukur bukanlah kunci yang tepat untuk mendapatkan ukuran yang pas. Berdirilah di depan cermin dan mulailah dengan melihat apakah bra yang Anda gunakan sudah pas. Kemudian pertimbangkan apakah Anda perlu menyesuaikan ukuran punggung atau ukuran cup-nya.

2. Temukan Ukuran Punggung yang Tepat (28-40)

Berbicara tentang ukuran punggung berkaitan dengan bagaimana bra memiliki ukuran yang pas mengelilingi tubuh Anda. Karet yang mengelilingi tubuh memberikan dukungan yang besar, jadi ukuran itu harus ketat tetapi tetap memberikan kenyamanan.

Posisinya harus tetap horizontal dan bagian belakangnya tidak naik sama sekali. Jika longgar atau bagian belakang terlihat naik, cobalah ukuran yang lebih kecil (tetapi ingat untuk menaikkan ukuran cup).

Semakin lama bra akan merenggang karena dipakai dan dicuci. Jadi, ketika memilih ukuran bra yang tepat dapat dilihat ketika mengaitkan kaitannya di bagian terluar.

3. Temukan Cup yang Tepat (D-L)

Ukuran cup berkaitan dengan volume payudara. Kawat di bagian depan harus lurus di atas tulang rusuk dan tidak boleh seperti posisi menggali, menggosok atau menyodok keluar di depan.

Payudara Anda harus tertutup di dalam cup dengan baik. Usahakan jangan sampai terdapat gundukan atau bagian payudara yang keluar di sisi atas atau samping cup.

Ketika ukuran punggung dan cup tepat, Anda akan mendapatkan dukungan besar yang akan memberikan bentuk yang baik pada tubuh bagian atas serta dapat melindungi leher, bahu dan otot punggung. Hal serupa diungkapkan dr Budiman, SpBP, dari Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia (PERAPI) dalam ulasan khas seputar payudara di detikHealth beberapa waktu lalu.

“Penggunaan bra yang terlalu besar tidak efektif dalam memegang payudara, sehingga tetap menggantung karena pengaruh gravitasi, yang berakibat payudara akan kendor sebelum waktunya,” jelasnya.

Sedangkan penggunaan bra yang terlalu kecil akan mengganggu sirkulasi aliran darah balik dan limfatiknya, dan tentu akan mengurangi kenyamanan wanita dalam beraktifitas tambah dr Budiman. “Bra yang terlalu kecil juga akan mengganggu pertumbuhan organ seksi di tubuh wanita tersebut,” kata dr Budiman.

Tidak hanya mengganggu pertumbuhan payudara, ada beberapa efek lain yang terjadi pada tubuh bila mengenakan bra kekecilan. Berdasarkan studi Sports Medicine Australia dan Breast Research Australia, seperti dilansir timesofindia antara lain yaitu gangguan pernapasan, postur tubuh yang buruk, lecet, nyeri payudara, hingga sakit kepala karena terbatasnya aliran darah yang menyebabkan kekurangan oksigen inilah yang menyebabkan sakit kepala.

Disarankan untuk menghindari masalah tersebut dengan mengganti bra setiap 6 bulan karena ukuran payudara mengalami perubahan, terutama bila wanita sudah memiliki anak. Jika menggunakan bra dengan kawat, maka cobalah membungkuk ke depan dan pastikan kawat berada di bawah payudara serta tidak berubah ketika berdiri atau payudara bergerak. Hal lainnya adalah pastikan pusat bra berada di antara payudara.

 

 

sumber: detik.com

- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat

DEPOK ZONA MERAH COVID-19 DI BODETABEK

DEPOK- Kota Depok memiliki tingkat yang keakutan tinggi dalam penularan COVID-19 di antara kota dan kabupaten lain yang berbatasan dengan episentrum DKI Jakarta terhadap...
- Advertisement -

DJC Bagikan Bantuan Sembako dari Qonita

DEPOK - Bertepatan dengan hari Kartini, Bakal Calon (Balon) Walikota Depok dari Partai Persatuan Pembangunan Kota Depok Hj. Qonita Luthfiah, memberikan bantuan Sembako kepada...

Walikota Depok Keluarkan 12 Jurus Pencegah COVID-19

MARGONDA - Dalam melawan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) ditengah warga, Pemerintah Kota Depok mensosialisasikan 12 cara atau jurus untuk pencegahan penyebaran Covid-19.Walikota Depok Muhammad...

Ndaru Siap Menghadapi pemilihan Duta Baca Jawa Barat

Duta Baca kota Depok Ndaru Luriadi akan mengikuti pemilihan Duta Baca Jawa Barat untuk 2020 yang dilaksanakan di Bandung pada 10 sampai 12 Maret.Pada...

Berita Terkait

Laporan Hasil Pembahasan BANGGAR DPRD Depok Tentang APBD 2019

LAPORAN HASIL PEMBAHASAN BADAN ANGGARAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KOTA DEPOK TERHADAP RAPERDA TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KOTA DEPOK TAHUN...

Pemkot Izinkan Sholat Idul Adha, Dengan Syarat Tetap Patuh Protokoler Kesehatan

Depok- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperbolehkan pelaksanaan salat Iduladha di lapangan, masjid, atau ruangan kecuali di wilayah  RW Pembatasan Sosial Kampung Siaga (PSKS). Kebijakan...

Makin Transparan dan Akuntabel, Pemkot Depok Kembali Raih WTP

BALAIKOTA- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Jawa Barat. Penghargaan yang sudah diraih...

Aktivis Depok Tak Yakin Kasat Lantas Serius Berantas Percaloan SIM

 DEPOK - Gebrakan Kasat Lantas Polres Metro Depok yang baru dalam upaya pemberantasan percaloan di Satpas SIM 1221 Depok, dinilai sejumlah aktivis Kota Depok...