Home Edukasi Pengabdian Tiada Henti, Biografi Walikota Depok Mohammad Idris

Pengabdian Tiada Henti, Biografi Walikota Depok Mohammad Idris

Tapos, Detif.com – Bedah Buku Mohammad Idris dengan judul Pengabdian Tiada Henti dilaksanakan di Masjid Assalam, Tapos, Senin (5/6/2017). Dalam acara tersebut, Walikota Depok, Mohammad Idris menjadi pembicara utama. Buku Pengabdian tiada henti ini ditulis Arief Muhajir, kata pengantar M. Yusuf Kalla dan Hidayat Nur Wahid. Meski awalnya menolak untuk membuat buku tentang diri sendiri, lantaran takut terjebak pada subjektifitas diri sendiri. Namun setelah melalui renungan yang dalam, akhirnya dia mau menerima Arief Muhajir untuk menulis buku tentang dirinya.

 
Diselingi dengan tawa yang lepas, Dia mulai menuturkan kisah hidup dan kehidupan serta keluarganya. Idris bercerita bahwa dia sangat menikmati kehidupan di pesantren Gontor, Jawa Timur. Ia bangga sekali pernah menikmati tempaan di Gontor, karena dari sanalah ia mendapatkan ilmu dan akhirnya mendapatkan kunci pembuka jendela dunia.

 
Idris mengungkapkan, bahwa selepas dari Gontor, dirinya mendapat anugerah dari Allah SWT dan dikirim ke Saudi Arabia, karena hasil tes ia tidak lulus untuk melanjutkan pendidikan di Saudi Arabia, dirinya berada di posisi rangking ke 13.
Sementara jatah untuk belajar di Saudi Arabia hanya 10 besar, namun takdir berbicara lain, tiga rekannya yang sebelumnya lulus tes, kemudian batal berangkat karena berbagai sebab, ia yang berada pada ranking 13 akhirnya diputuskan untuk berangkat ke Saudi Arabia guna melanjutkan pendidikan.

 
Peranan orang tua dan keluarga memang sangat penting untuk mewujudkan semua cita-cita yang akan diraih. Sebab, tanpa dorongan, dukungan moril, dan doa keluarga, tak akan berhasil meraih kesuksesan. Cita-cita itu mulai pendidikan, ekonomi, jabatan, dan lainnya.


“Saya sekarang begini karena hasil didikan dari Baba atau ayah saya yang mengajarkan disipilin dalam menjalani kehidupan, belajar dan selalu ingat kepada Allah SWT sebagai Maha Pencipta,” kata Walikota Depok Mohammad Idris .

 
Selain didikan serta motivasi dari sang Baba dan ibu yang mengajarkan sejak kecil untuk belajar ilmu agama dan keberanian menyampaikan keinginan, tambah dia, dirinya juga sangat berterima kasih kepada Bunda Elly Farida sebagai istri yang sangat sentral dalam meraih kesuksesan kehidupannya hingga sekarang ini.

 
Dukungan seorang istri maupun keluarga terdekat sangat penting bahkan hampir setiap saat memberikan masukan, sarana, kritik dan sikap yang tentunya untuk membangun semanggat bekerja serta meraih cita-cita yang dinginkannya.
“‘No body perfect, tidak ada yang orang yang sempurna dalam kehidupan ini, tanpa dukungan dan dorongan orang lain,” katanya sambil berlinangan air mata disaksikan ratusan masyarakat maupun jamaah di Masjid As Salaam.

 
Menempuh pendidikan yang tinggi bukanlah hal yang mudah saat itu terlebih sebagai warga asli Betawi yang kebanyakan kurang memperhatikan pendidikan sebagai prioritas. Tapi, dari dorongan dan dukungan Baba atau ayahnya akhirnya Mohammad Idris berusaha mendobrak pemikiran tersebut.

 
“Kalau orang zaman dulu punya pemikirannya yang berbeda nggak penting sekolah tapi dapat kerja dan menafkahi keluarganya setelah berumah tangga,” tuturnya.

 
Berkat dorongan orangtuanya, ia terus bekerja keras dan mendobrak pemikiran tersebut bahwa meraih pendidikan lebih tinggi tentunya di masa mendatang bakal menjadi anak atau seorang yang sukses dengan intelektualitas tinggi seperti orang-orang yang dipuja dan disukainya.

 
Sementara Arief Muhajir selaku penulis buku dilokasi bedah buku mengaku, mencoba mengangkat sisi humanis seorang Mohammad Idris, saat Idris kecil, muda dan hingga kini, menjabat Walikota Depok.

 
“Buku biografi ini berusaha memotret perjalanan seorang anak betawi yang dihidupnya penuh dinamika. Idris muda mampu meraih ilmu hidup dan akhirnya bisa mendapatkan kunci untuk membuka jendela dunia” ujar Arief dalam kata pengantarnya selaku penulis buku.

 
Perjuangan hidup seorang Idris patut menjadi suri tauladan bagi semua, utamanya bagi generasi muda, untuk berani mengambil sikap, tentunya sikap yang positif demi kehidupan masa depan. Jangan pernah takut menghadapi kerasnya gelombang kehidupan. Dan jangan pernah berhenti untuk terus berjuang.

 
“Idris adalah sosok yang tak berhenti mengabdi. Idris Sepulang dari Arab Saudi menjadi dosen dan juga aktif di LP2S al Haramain, Ikadi maupun MUI. Hingga Idris dipercaya menjadi Wakil Walikota Depok, dan kini menjadi Walikota Depok periode 2016 – 2021,” tukasnya. (Dre)

- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat

DEPOK ZONA MERAH COVID-19 DI BODETABEK

DEPOK- Kota Depok memiliki tingkat yang keakutan tinggi dalam penularan COVID-19 di antara kota dan kabupaten lain yang berbatasan dengan episentrum DKI Jakarta terhadap...
- Advertisement -

DJC Bagikan Bantuan Sembako dari Qonita

DEPOK - Bertepatan dengan hari Kartini, Bakal Calon (Balon) Walikota Depok dari Partai Persatuan Pembangunan Kota Depok Hj. Qonita Luthfiah, memberikan bantuan Sembako kepada...

Walikota Depok Keluarkan 12 Jurus Pencegah COVID-19

MARGONDA - Dalam melawan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19) ditengah warga, Pemerintah Kota Depok mensosialisasikan 12 cara atau jurus untuk pencegahan penyebaran Covid-19.Walikota Depok Muhammad...

Ndaru Siap Menghadapi pemilihan Duta Baca Jawa Barat

Duta Baca kota Depok Ndaru Luriadi akan mengikuti pemilihan Duta Baca Jawa Barat untuk 2020 yang dilaksanakan di Bandung pada 10 sampai 12 Maret.Pada...

Berita Terkait

Musisi Agung Saget Kecewa Tak Ada Cawalkot Komitmen Bangun Gedung Kesenian

 DEPOK - Setelah penyair Tora Kundera menyatakan sikap tidak mendukung kedua pasangan Calon Walikota Depok di Pilkada 2020 dikarenakan tidak ada yang mau komitmen...

Forum Aktivis Depok Ajak Seluruh Masyarakat Depok Untuk Tunda Pilkada 1 Tahun

 DEPOK - Para aktivis Depok yang khawatir dengan kondisi perkembangan Bencana Virus Corona yang semakin memprihatinkan, mendesak Pemerintah dan KPU untuk menunda perhelatan PILKADA...

HUT DPRD Kota Depok dan Rapat Paripurna Jawaban Walikota Depok Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Depok Terhadap 4 Raperda

CILODONG - DPRD kota Depok Gelar Rapat Paripurna dalam rangka Penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap 4 Raperda Pemerintah Kota Depok dan jawaban Walikota...

Tidak Ada Kenaikan Tarif PDAM Tirta Asasta Depok Sejak 2017-2020

SUKMAJAYA - Adanya beberapa keluhan dari pelanggan terkait besaran tagihan penggunaan air PDAM, pihak PDAM Tirta Asasta kota Depok merespon hal tersebut tidak terlepas...

Aksi Kamisan Depok Tuntut Pemkot Segera Bangun Gedung Kesenian

CIMANGGIS - Sejumlah aktivis, seniman dan mahasiswa di Kota Depok yang rutin melakukan Aksi Kamisan Depok, pada hari kamis 27 Agustus 2020 kemarin kembali...