Home Edukasi Pengabdian Tiada Henti, Biografi Walikota Depok Mohammad Idris

Pengabdian Tiada Henti, Biografi Walikota Depok Mohammad Idris

Tapos, Detif.com – Bedah Buku Mohammad Idris dengan judul Pengabdian Tiada Henti dilaksanakan di Masjid Assalam, Tapos, Senin (5/6/2017). Dalam acara tersebut, Walikota Depok, Mohammad Idris menjadi pembicara utama. Buku Pengabdian tiada henti ini ditulis Arief Muhajir, kata pengantar M. Yusuf Kalla dan Hidayat Nur Wahid. Meski awalnya menolak untuk membuat buku tentang diri sendiri, lantaran takut terjebak pada subjektifitas diri sendiri. Namun setelah melalui renungan yang dalam, akhirnya dia mau menerima Arief Muhajir untuk menulis buku tentang dirinya.

 
Diselingi dengan tawa yang lepas, Dia mulai menuturkan kisah hidup dan kehidupan serta keluarganya. Idris bercerita bahwa dia sangat menikmati kehidupan di pesantren Gontor, Jawa Timur. Ia bangga sekali pernah menikmati tempaan di Gontor, karena dari sanalah ia mendapatkan ilmu dan akhirnya mendapatkan kunci pembuka jendela dunia.

 
Idris mengungkapkan, bahwa selepas dari Gontor, dirinya mendapat anugerah dari Allah SWT dan dikirim ke Saudi Arabia, karena hasil tes ia tidak lulus untuk melanjutkan pendidikan di Saudi Arabia, dirinya berada di posisi rangking ke 13.
Sementara jatah untuk belajar di Saudi Arabia hanya 10 besar, namun takdir berbicara lain, tiga rekannya yang sebelumnya lulus tes, kemudian batal berangkat karena berbagai sebab, ia yang berada pada ranking 13 akhirnya diputuskan untuk berangkat ke Saudi Arabia guna melanjutkan pendidikan.

 
Peranan orang tua dan keluarga memang sangat penting untuk mewujudkan semua cita-cita yang akan diraih. Sebab, tanpa dorongan, dukungan moril, dan doa keluarga, tak akan berhasil meraih kesuksesan. Cita-cita itu mulai pendidikan, ekonomi, jabatan, dan lainnya.


“Saya sekarang begini karena hasil didikan dari Baba atau ayah saya yang mengajarkan disipilin dalam menjalani kehidupan, belajar dan selalu ingat kepada Allah SWT sebagai Maha Pencipta,” kata Walikota Depok Mohammad Idris .

 
Selain didikan serta motivasi dari sang Baba dan ibu yang mengajarkan sejak kecil untuk belajar ilmu agama dan keberanian menyampaikan keinginan, tambah dia, dirinya juga sangat berterima kasih kepada Bunda Elly Farida sebagai istri yang sangat sentral dalam meraih kesuksesan kehidupannya hingga sekarang ini.

 
Dukungan seorang istri maupun keluarga terdekat sangat penting bahkan hampir setiap saat memberikan masukan, sarana, kritik dan sikap yang tentunya untuk membangun semanggat bekerja serta meraih cita-cita yang dinginkannya.
“‘No body perfect, tidak ada yang orang yang sempurna dalam kehidupan ini, tanpa dukungan dan dorongan orang lain,” katanya sambil berlinangan air mata disaksikan ratusan masyarakat maupun jamaah di Masjid As Salaam.

 
Menempuh pendidikan yang tinggi bukanlah hal yang mudah saat itu terlebih sebagai warga asli Betawi yang kebanyakan kurang memperhatikan pendidikan sebagai prioritas. Tapi, dari dorongan dan dukungan Baba atau ayahnya akhirnya Mohammad Idris berusaha mendobrak pemikiran tersebut.

 
“Kalau orang zaman dulu punya pemikirannya yang berbeda nggak penting sekolah tapi dapat kerja dan menafkahi keluarganya setelah berumah tangga,” tuturnya.

 
Berkat dorongan orangtuanya, ia terus bekerja keras dan mendobrak pemikiran tersebut bahwa meraih pendidikan lebih tinggi tentunya di masa mendatang bakal menjadi anak atau seorang yang sukses dengan intelektualitas tinggi seperti orang-orang yang dipuja dan disukainya.

 
Sementara Arief Muhajir selaku penulis buku dilokasi bedah buku mengaku, mencoba mengangkat sisi humanis seorang Mohammad Idris, saat Idris kecil, muda dan hingga kini, menjabat Walikota Depok.

 
“Buku biografi ini berusaha memotret perjalanan seorang anak betawi yang dihidupnya penuh dinamika. Idris muda mampu meraih ilmu hidup dan akhirnya bisa mendapatkan kunci untuk membuka jendela dunia” ujar Arief dalam kata pengantarnya selaku penulis buku.

 
Perjuangan hidup seorang Idris patut menjadi suri tauladan bagi semua, utamanya bagi generasi muda, untuk berani mengambil sikap, tentunya sikap yang positif demi kehidupan masa depan. Jangan pernah takut menghadapi kerasnya gelombang kehidupan. Dan jangan pernah berhenti untuk terus berjuang.

 
“Idris adalah sosok yang tak berhenti mengabdi. Idris Sepulang dari Arab Saudi menjadi dosen dan juga aktif di LP2S al Haramain, Ikadi maupun MUI. Hingga Idris dipercaya menjadi Wakil Walikota Depok, dan kini menjadi Walikota Depok periode 2016 – 2021,” tukasnya. (Dre)

- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat

Wakil Ketua PWI Depok Rahmat Tarmuji Hadiri Undangan HPN PWI Jawa Barat 2021

CIANJUR - Acara Puncak HPN PWI Tingkat Jawa Barat digelar di Kabupaten Cianjur. Hari Pers Nasional (HPN) 2021 Tingkat Jawa Barat ini dijadikan momentum...
- Advertisement -

Setelah Tertunda, Ridwan Kamil Akhirnya Lantik IDRIS-IMAM

 BANDUNG - “Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Wali Kota Depok/Wakil Wali Kota Depok dengan sebaik-baiknya seadil-adilnya memegang teguh Undang Undang...

Nila Karyani Guru SMPN 3 Depok Terpilih Menjadi Ketua MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok

Pergantian pengurus dalam organisasi merupakan suatu dinamika yang tidak bisa dihindari, bahkan sepertinya harus dilakukan sebagai sebuah proses menuju perbaikan dan peningkatan program. Dengan...

Jurnalis Depok Peringati HPN 2021: Mengenang 25 Tahun Pembunuhan Udin Pahlawan Pers

DEPOK - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2021, para jurnalis di Kota Depok yang tergabung di Depok Journalist Club (DJC) akan menyelenggarakan  rangkaian...

Berita Terkait

Mulai Juli, Depok Lakukan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

Depokinteraktif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok akan menggelar uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai  Juli 2021. Uji coba dilaksanakan untuk melihat kesiapan sarana...

Pemkot Depok Izinkan Sholat Tarawih Di Masjid

Depokinteraktif.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok mengizinkan pelaksanaan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid. Kendati demikian, pelaksanaannya harus tetap mengikuti protokol kesehatan yang ketat."Saat...

Disdik Depok Lakukan Persiapan Jelang Uji Coba PTM

depokinteraktif.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok saat ini tengah fokus mempersiapkan sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada...

Tito: Sukmajaya Targetkan 10 Ribu Lubang Biopori

SUKMA - Kecamatan Sukmajawa sedang bersiap untuk melaksanakan program Seratus Ribu Lubang Biopori yang dicanangkan Pemerintah Kota Depok. Program ini dilakukan untuk pencegahan banjir...

Walikota Dukung Penuh Kontes Aroid Nasional Untuk Pemberdayaan Ekonomi

Depokinteraktif.com - Wali Kota Depok Mohamamad Idris, hari ini menghadiri kegiatan Kontes Aroid Nasional 2021 di Godongijo, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Dirinya memberikan...