Home Headline PDAM Tirta Asasta Aksi Bersih Ciliwung Di Hari Air Sedunia 2021

PDAM Tirta Asasta Aksi Bersih Ciliwung Di Hari Air Sedunia 2021

 

DEPOK – Dalam rangka memperingati Hari Air Sedunia, PDAM Tirta Asasta kota Depok melaksanakan kegiatan dengan mengangkat tema merawat lingkungan dengan tajuk “Merawat Ciliwung Bareng-Bareng”.

Kegiatan yang dilaksanakan PDAM Tirta Asasta Kota Depok bekerjasama dengan Yayasan Sahabat Ciliwung ini selain menggelar lomba bebersih Ciliwung dan arung jeram, turut pula dilaksanakan program pembuatan lubang biopori.

Dihadiri langsung Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono, Direktur Utama PDAM Tirta Asasta, M Olik Abdul Holik dan juga kepala dinas perumahan dan permukiman kota Depok Dudi Miraz Imaduddin, dalam kegiatan ini dilakukan 200 pembuatan lubang biopori dimana hal ini juga menjadi bentuk dukungan dalam program Pemerintah Kota Depok yakni “membuat 100.000 lubang biopori”

Meskipun kondisi saat ini masih dalam masa pandemic COVID-19, penyelenggaraan kegiatan telah dilakukan dengan penyesuaian kapasitas. Selain pengurangan kapasitas, penggunaan masker dan protokol kesehatan tetap diterapkan untuk menjaga dan menekan angka penyebaran COVID-19 di Indonesia dan Kota Depok khususnya.

Imam Budi Hartono dalam sambutannya menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada PDAM kota Depok dan Yayasan Sahabat Ciliwung yang telah memprakarsai kegiatan bebersih Ciliwung ini.

“Saya berharap kegiatan positif ini dapat menjadi suatu hal yang berkelanjutan dan menjadi contoh bagi masyarakat untuk menimbulkan kesadaran diri untuk merawat lingkungan khususnya Sungai Ciliwung ini,” ucapnya.

 

Direktur PDAM Tirta Asasta, M. Olik Abdul Holik mengingatkan, air adalah komponen utama adanya kehidupan di muka bumi. Untuk itu dirinya meminta semua pihak bisa meningkatkan kesadaran dan penghargaan terhadap air dengan tidak berlaku semena-mena terhadap air dimanapun adanya.

Dirinya mengambil contoh, tidak menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan limbah atau berlaku boros dalam penggunaan air terutama air bersih.

Ditambahkan Olik, peringatan Hari Air Sedunia mengingatkan kepada kita semua untuk arif dan bijaksana dalam Manella ekosistem untuk mensejahterakan manusia dan bukan malah menimbulkan petaka, seperti banjir, longsor, dan lain sebagainya.

“Mari bersama-sama wujudkan masyarakat sehat melalui akses aman air minum dan sanitasi yang layak bagi seluruh masyarakat Indonesia,” sebutnya.

Untuk diketahui, Hari Air Sedunia (World Water Day) adalah hari yang diperingati atau dirayakan sebagai usaha untuk menarik perhatian publik masyarakat sedunia (internasional) mengenai pentingnya air bersih bagi kehidupan, dan merupakan usaha penyadaran untuk melindungi sumber daya air bersih secara berkelanjutan.

Ini adalah hari untuk membuat perbedaan bagi anggota populasi global yang mengalami masalah terkait air, dan merupakan hari untuk mempersiapkan bagaimana kita mengelola air di masa depan secara bijak.

Inisiatif memperingati Hari Air Sedunia diumumkan pada Sidang Umum PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil. Sidang tersebut direspon Majelis Umum PBB melalui Resolusi Nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 Maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia.

Maka sejak tahun 1993 masyarakat internasional terutama negara-negara anggota PBB setiap tanggal 22 Maret memperingatinya sebagai Hari Air Sedunia dengan berbagai tema.

Setiap tahun, tema Hari Air Dunia selalu berganti. Untuk itu ditunjuk badan PBB yang berkompeten sebagai koordinator sesuai dengan tema pada tahun tersebut. Pada tahun 2021, temanya adalah Valuing Water atau menghargai air.(CR)

- Advertisement -
- Advertisement -

Jawa Barat

Wakil Ketua PWI Depok Rahmat Tarmuji Hadiri Undangan HPN PWI Jawa Barat 2021

CIANJUR - Acara Puncak HPN PWI Tingkat Jawa Barat digelar di Kabupaten Cianjur. Hari Pers Nasional (HPN) 2021 Tingkat Jawa Barat ini dijadikan momentum...
- Advertisement -

Setelah Tertunda, Ridwan Kamil Akhirnya Lantik IDRIS-IMAM

 BANDUNG - “Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya, sebagai Wali Kota Depok/Wakil Wali Kota Depok dengan sebaik-baiknya seadil-adilnya memegang teguh Undang Undang...

Nila Karyani Guru SMPN 3 Depok Terpilih Menjadi Ketua MGMP Bahasa Sunda SMP/MTs Kota Depok

Pergantian pengurus dalam organisasi merupakan suatu dinamika yang tidak bisa dihindari, bahkan sepertinya harus dilakukan sebagai sebuah proses menuju perbaikan dan peningkatan program. Dengan...

Jurnalis Depok Peringati HPN 2021: Mengenang 25 Tahun Pembunuhan Udin Pahlawan Pers

DEPOK - Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2021, para jurnalis di Kota Depok yang tergabung di Depok Journalist Club (DJC) akan menyelenggarakan  rangkaian...

Berita Terkait

Disdik Depok Lakukan Persiapan Jelang Uji Coba PTM

depokinteraktif.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok saat ini tengah fokus mempersiapkan sarana prasarana untuk menunjang pelaksanaan uji coba Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada...

Tito: Sukmajaya Targetkan 10 Ribu Lubang Biopori

SUKMA - Kecamatan Sukmajawa sedang bersiap untuk melaksanakan program Seratus Ribu Lubang Biopori yang dicanangkan Pemerintah Kota Depok. Program ini dilakukan untuk pencegahan banjir...

Walikota Dukung Penuh Kontes Aroid Nasional Untuk Pemberdayaan Ekonomi

Depokinteraktif.com - Wali Kota Depok Mohamamad Idris, hari ini menghadiri kegiatan Kontes Aroid Nasional 2021 di Godongijo, Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat. Dirinya memberikan...

RSUI Di Resmikan Jadi Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit

BERITA FOTO: Wali Kota Depok Mohammad Idris menghadiri acara Peresmian Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit yang diresmikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin...

Imam Paparkan Kepemimpinan Era Otda Kepada Peserta Webinar

Depokinteraktif.com - Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) menjadi narasumber dalam web seminar (webinar) yang diikuti kader muda Partai Keadilan Sejahtera (PKS)...