Terapkan Ducting, Jalan Margonda Akan Bebas Kabel Udara

Margonda, Detif.com – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kota Depok membangun dan menerapkan sistem ducting atau saluran kabel terintegrasi bawah tanah bersama, di sepanjang Jalan Margonda Raya. Dengan teknologi ducting, maka seluruh kabel baik saluran internet atau fiber optik, kabel telepon, kabel listrik dan kabel saluran telekomunikasi lainnya, akan terintegrasi menjadi satu dalam sebuah saluran khusus.

Pengerjaan ducting kabel tersebut, sudah dimulai awal Agustus 2017 dan ditargetkan rampung sebelum peringatan Hari Kemerdekaan RI atau 17 Agustus mendatang. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto Jorghi, Senin (7/8/2017).

“Sehingga semua kabel akan lebih rapi, aman dan secara estitika lebih baik. Jadi tidak ada lagi kabel semrawut di Jalan Margonda. Sebab, dengan ducting, seluruh kabel udara yang menggunakan tiang  akan diturunkan dan dijadikan dalam satu saluran khusus di bawah tanah yang terintegrasi”, ujarnya.

Meski begitu, ducting yang pertama kali diterapkan pihaknya di Jalan Margonda belum dilakukan terhadap kabel listrik milik PLN. Sebab untuk menurunkan semua kabel listrik atau kabel PLN, biayanya cukup besar. Untuk kabel PLN, ducting akan dilakukan mulai 2018.

Menurut Manto, penerapan ducting ini mendapat dukungan dari semua operator baik penyedia internet dengan fiber optik serta operator telekomunikasi lain, PLN dan semua instansi terkait lain. Pada akhirnya kata dia nantinya dalam beberapa tahun ke depan, Jalan Margonda yang merupakan etalase Kota Depok akan bebas dari kabel udara. (wkt)

Komentar

Share This Post