Pemkot Depok Optimis Wujudkan Smart & Friendly City

Mekarsari, Detif.com  – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok semakin optimis mewujudkan Smart and Friendly City, hal tersebut terungkap dalam Forum OPD Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Kota Depok, Senin (19/02/2018) di Aula Wisma Hijau, Mekarsari, Kota Depok.

Melalui tema Menuju Kota Cerdas dan Bersahabat Yang Informatif dan Komunikatif, terpancar jelas prioritas Rencana Kerja Diskominfo tahun anggaran 2019, yakni Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik yang Profesional dan Transparan, demi mewujudkan Depok Smart City dan Depok Friendly city. Salah satunya adalah Membuat Aplikasi berbasis data, Depok Single Infomation.

Dalam pemaparan materi Depok Smart City oleh salah satu anggota Tim Smart Depok, Indra Gilang mengungkapkan proses dan manfaat dari Aplikasi Mobile Depok Single Information, tentunya akan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi tentang Kota Depok.

Kepala Diskominfo Kota Depok, Dr.Ir.Sidik Mulyono, M.Eng pada kesempatan itu mengatakan, pola pikir masyarakat semakin maju dan berkembang, semakin menuntut berbagai informasi. Masyarakat semakin kritis dan berani menyampaikan pendapat, serta terus berupaya mencari informasi relevan dengan situasi kondisi yang dihadapinya.

“Adanya aplikasi single tersebut, bukan berarti Pemerintah tidak mau bersentuhan langsung dengan masyakat, hanya saja itu untuk memenuhi tuntutan masyarakat dalam mencari informasi secara efektif, efisien, cepat dan tepat” imbuhnya.

Sidik menyampaikan, pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek), khususnya teknologi informasi, perlu direspon dan diantisipasi dengan program dan kegiatan yang bisa dimanfaatkan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat. “Termasuk juga kebutuhan masyarakat terhadap TIK, bila tidak diantisipasi secara tepat, bisa membawa ekses kurang baik bagi masyarakat”, tegasnya.

Tingginya kebutuhan masyarakat terhadap Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), juga menjadi prioritas Diskominfo dengan menyediakan akses pelayanan gratis internet pada sejumlah wilayah.

“Kita akan menambah fasilitas Wifi gratis di sejumlah kawasan publik. Langkah ini dilakukan terkait tingginya kebutuhan masyarakat terhadap TIK. Selain itu, untuk mendongkrak perekonomian berbasis teknologi informasi”, ungkapnya.

Menurut Sidik Mulyono, sedikitnya 130 titik wifi sudah terpasang dan ada 50 Wifi gratis yang akan dipasang ditahun 2018. Fasilitas free Wifi ini untuk mewujudkan masyarakat Depok yang cerdas dan bersahabat.(iki)

Komentar